Monday 30 March 2015

Tips Mencari Bahan Batu Akik di Alam Terbuka



Tips Mencari Bahan Batu Akik  di Alam Terbuka
29 Desember 2014Metroterkini.com - Banyak sekali orang-orang memakai atau memiliki batu akik namun ia sendiri tidak tahu asal muasal dari batu indah yang satu ini..
Seperti yang kita ketahui,batu akik adalah batu yang terjadi akibat pengkristalan mineral dalam kurun waktu yang sangat panjang dan kemudian menjadi sebuah bongkahan yang sering disebut ’BAHAN”
Seiring dengan menjamurnya pecinta batu hias/mulia, banyak pula yang ingin mencari langsung kesungai-sungai atau daerah pegunungan yang berpotensi batu mulia ini, namun saat tiba di lokasi pencarian, pencari batu kebingungan untuk memilih batu yang mana yang tergolong batu hias
Berikut cara mencari “bahan” batu akik :
Modal utama dalam mencari batu akik adalah Palu..Kenapa palu? karena pada saat menemukan sebuah batu kita harus memecahkan sedikit batu agar dapat melihat isi dalamnya,apakah itu batu akik atau batu biasa.
Batu akik tersebar di daerah mana,baik di gunung,dalam tanah,sungai ataupun di pantai tergantung jenis akiknya,bisa juga di bawah pohon pisang tergantung dimana pengkristalan terjadi.
Pada umunya ketika kita memecahkan sebuah batu,jika batu tersebut adalah batu akik maka akan memiliki warna mencolok,bermotif, ada yang tembus dan memiliki serat-serat seperti kaca tergantung jenis. Tapi ingat disaat memecahkan batu jangan gunakan segenap tenaga anda,cukup sedikit saja.
Akik pantai lebih mudah pecah di banding akik yang berada di sungai apalagi di gunung,di karenakan pengkristalan di sungai dan di gunung lebih sempurna karena tidak memiliki kadar garam.
Carilah lokasi yang jarang di kunjungi oleh orang-orang baik itu pantai,sungai atau gunung karena peluang untuk mendapatkannya lebih besar.
Ketika anda mendaptkan sebuah batu harap direndam ke dalam air dan agak di bersihkan terlebih dahulu agar mendapatkan warna luar pada batu tersebut
Gunakan insting kolektor anda dalam mencari batu ini
Pergilah ke tempat yang terkenal akan sumber daya alam batu akiknya. [knc]

http://metroterkini.com/berita-12512-tips-mencari-bahan-batu-akik--di-alam-terbuka.html

No comments:

Post a Comment